Anda Sering Kentut Serta Bersendawa, Hati-hati Jantung Anda

Artikel terkait : Anda Sering Kentut Serta Bersendawa, Hati-hati Jantung Anda


POSMETRO - Perut kembung juga harus diwaspadai, karena mengindikasikan beberapa penyakit yang berhubungan dengan pencernaan dan bahkan kelainan jantung.

Kembung sendiri adalah kedaan saat terlalu banyak gas dalam salauran pencernaan, kerongkong, lambung, usus kecil dan juga usus besar. Sehingga perut terasa tak enak, ingin buang gas terus dan sering bersendawa.

Banyak orang beranggapan, bahwa kembung adalah penyakit ringan. Jadi, bisa hilang dengan sendirinya atau mengobatinya dengan cara membalurkan minyak kayu putih pada perut.

Tapi, jangan anggap enteng masalah perut satu ini, karena bisa jadi indikasi berbagai penyakit atau gangguan berbahaya pada saluran pencernaan.

Penyebab kembung
Kembung diakibatkan oleh peningkatan gas dalam perut, penyebabnya antara lain:

1. Peningkatan jumlah udara yang ditelan, karena minum atau makan terlalu cepat, mengunyah permen karet ataupun banyak minum-minuman bersoda. Biasanya masalah ini dikenal dengan aerophagia

2. Meningkatkan produksi gas akibat pencernaan makanan oleh bakteri dalam usus besar. Serta karena tubuh tidak dapat mencerna dan menyerap beberapa karbohidrat seperti gula, tepung. Dan juga beberapa makanan berserat seperti kol, kubis, bawang, brokoli ataupun makanan biji-bijian. Jenis makanan tersebut dapat menghasilkan gas dalam usus besar.

3. Kekurangan enzim lactase, yang berakibat pada kemampuan sistem pencernaan untuk mencerna laktosa atau gula alami dalam produk susu maupun roti tidak maksimal. Akibatnya seringkali terjadi diare, sakit perut maupun kelebihan gas atau kembung.

Cara mencegah perut kembung:
1. Mengurangi makan-makanan berlemak, makanan pedas dan juga makanan yang berkadar garam tinggi. Garam dapat membuat tubuh menahan air untuk membangun sistem tubuh. Sangat sehat jika bisa mengurangi asupan garam kedalam tubuh, namun bila berlebihan dapat menyebabkan masalah perut kembung.

2. Hindari makanan dan minuman berkarbonasi dan jangan terlalu lama serta sering mengunyah permen karet, dan mengkonsumsi pemanis buatam. Kedua hal ini dapat meningkatkan gas dalam saluran pencernaan.

3. Jangan makan terlalu banyak makanan yang mengandung zat pati, seperti roti-rotian, kerupuk, maupun pasta. Pati juga cenderung menyebabkan retensi cairan dan membuat perut kembung.

Artikel muslimnetwork2u Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 muslimnetwork2u | Design by Bamz