Sampah-Sampah Aneh Ini Di Temukan Di Kali Ciliwung

Artikel terkait : Sampah-Sampah Aneh Ini Di Temukan Di Kali Ciliwung


POSMETRO - Hari ini Kodam Jaya bersama sejumlah elemen melakukan kegiatan bersih-bersih Kali Ciliwung. Tim yang secara berkala membersihkan Ciliwung pun punya pengalaman menemukan sampah-sampah aneh.

"Wah macam-macam sampah yang ada. Kadang yang nggak nggak kepikiran dibuang orang ternyata ada ditemuin," ujar tim LCR (Landing Crumb Rubber) atau perahu karet, Serda Waris, saat membersihkan Kali Ciliwung di wilayah Jl MT Haryono, Jaksel, Minggu (31/5/2015).

Menurut Waris, sampah yang sering ditemui tim kebersihan Kali Ciliwung mulai dari sampah plastik, lemari, kasur, rongsokan, kain-kain, pampers bayi, bahkan kulkas. Secara berkala menyusuri Kali Ciliwung, Waris juga sering menemukan hal-hal lucu.

"Seprai-seprai sering, pampers yang banyak, suka bikin nyangkut baling-baling perahu. Yang lucu kalau yang pada buang air di pinggir kali," ucap Waris sambil tertawa.

"Banyak pemulung juga pakai rakit suka cari sampah plastik bekas botol minum. Mereka kumpulin untuk dijual. Ada juga yang cari ikan. Kalau saya sering nemuin biawak, pernah dapat sampai 10 kg," tambah Sertu Waluyo yang juga merupakan tim LCR.

Kendala yang menjadi hambatan untuk bersihnya Kali Ciliwung, kata Waluyo, adalah karena masih banyak masyarakat yang kurang sadar kebersihan. Warga sekitar Kali Ciliwung masih saja kerap membuang sampah ke sungai sehingga sampah terus menerus ada.

"Dibersihin tiap hari tetap aja ada terus, warga kurang sadar kebersihan. Mereka buka jendela tinggal lempar ke sungai. Itu lihat aja banyak sampah baru," kata Waluyo.

Pangdam Jaya Mayjen Agus Sutomo terjun langsung dalam kegiatan Ciliwung Bersih hari ini. Ia yang menyusuri Ciliwung dari mulai Kalibata-MT Haryono-Manggarai itu mengaku menemukan banyak sampah.

"Banyak banget. Ini lihat karung-karung sampah banyak sekali. Tadi juga ada besi, kayaknya peninggalan Belanda. Ini lagi saya suruh cek anak-anak, hati-hati ngambilnya biar nggak nyangkut," cerita Agus saat menurunkan sampah-sampah di bantaran Kali Ciliwung di wilayah MT Haryono. Sampah kemudian akan diangkut dengan truk ke tempat pembuangan.

Dari pantauan detikcom yang ikut menyusuri Kali Ciliwung, memang terlihat sampah-sampah aneh. Seperti WC jongkok dan sangkar burung. Selain pasukan dari Kodam Jaya, kegiatan bersih-bersih Ciliwung juga diikuti oleh mahasiswa Universitas Al-Azhar, Polri, Suku Dinas Kebersihan Kota, dan kelompok Pemuda Panca Marga.

"Kami sudah beberapa kali terjun. Selain diminta bantuan dari Kodim, ini keinginan kami sendiri juga. Yang lucu, sekarang sejak Ciliwung mulai bersih banyak orang yang terjun untuk cari batu-batu akik," terang personel Pemuda Panca Marga, Dzikrur Rahman di lokasi yang sama. ?detik.com

Artikel muslimnetwork2u Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 muslimnetwork2u | Design by Bamz