Pekerja Kasar Asing Ancam Kesejahteraan Buruh

Artikel terkait : Pekerja Kasar Asing Ancam Kesejahteraan Buruh


POSMETRO INFO- Peringatan Hari Buruh Internasional 1 Mei 2016 menjadi momen bagi banyak pihak untuk menyoroti isu perburuhan. Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon, menekankan bahwa serangan pekerja kasar asing menjadi salah satu persoalan bagi tenaga kerja Indonesia.

"Masuknya banyak warga asing yang bekerja di Indonesia sebagai buruh kasar,itu ancaman  langsung terhadap kesejahtera bagi tenaga kerja di Indonesia. Salah satu tujuan utama dari investasi asing adalah menciptakan lapangan kerja bagi warga negara Indonesia," kata Fadli di Jakarta, Minggu (1/05/2016).

Fadli menyayangkan masifnya serangan buruh-buruh kasar asing di Tanah Air sebagai konsekuensi investasi. "Itu sama saja dengan penjajahan. Warga asing yang menjadi buruh kasar juga banyak yang ilegal," katanya.

Fadli mendesak pemerintah membatasi dan menyaring buruh kasar asing yang masuk ke Indonesia. Jika bagi mereka yang punya keahlian khusus yang di Indonesia belum ada yang menguasainya, itu tidak jadi masalah.

"Tapi jangan sampai pekerjaan domestik yang masih dapat dikerjakan oleh buruh kasar Indonesia, diberikan juga kepada warga asing. Jangan sampai buruh domestik tertindas lantaran pemerintah tidak tegas," kata Wakil Ketua Umum Partai Gerindra itu.

Kementrian tenaga kerja dan dirjen imigrasi juga  harus bertanggung jawab atas masuknya buruh kasar asing.

"Di tengah interaksi ekonomi yang semakin terbuka, negara harus semakin hati-hati terhadap berbagai ancaman. Satunya ancaman buruh kasar asing yang akan mengancam pula kesejahteraan buruh Indonesia," sebut Fadli.(i)

Artikel muslimnetwork2u Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 muslimnetwork2u | Design by Bamz