Sungkan Ataupun Segan, Begini Cara Tagih Hutang Pada Teman

Artikel terkait : Sungkan Ataupun Segan, Begini Cara Tagih Hutang Pada Teman


POSMETRO - Uang memang hal yang sensitif untuk dibicarakan. Terlebih lagi, bila ada teman atau kerabat yang berutang. Menagih utang bisa menjadi urusan yang tak menyenangkan bagi sebagian besar orang.

Namun, tenang saja. Kamu bisa mengikuti tips berikut agar niat bisa berjalan sesuai keinginan. Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan:

Membuat Perjanjian
Sebelum memberi pinjaman, buatlah kesepakatan terlebih dahulu mengenai tanggal pengembalian utang tersebut. Jika utang dalam jumlah besar, coba buat perjanjian hitam di atas putih. Langkah ini guna menghindari hal-hal yang tak diinginkan di kemudian hari bila kamu ingin menggugat.

Bicara Empat Mata
Ketika menagih utang, temui langsung dan bicarakan secara baik-baik. Jangan menagih saat kamu dan temanmu ada di keramaian atau ketika ada banyak teman lain. Karena bisa saja hal tersebut menyinggung perasaannya. Sebaiknya bicarakan secara empat mata dan tanpa perlu emosi, agar utang kamu bisa cepat dilunasi.

Kirim Pesan Singkat
Saat kamu benar-benar sedang butuh uang yang sedang dipinjam temanmu, kamu bisa pula mengirim pesan singkat sebelum benar-benar menagihnya. Kamu bisa mulai menagih dengan menceritakan kondisi keuanganmu dan alasanmu membutuhkan uangmu kembali.

Negosiasi
Ketika teman yang meminjam uang tak bisa membayar tepat waktu dari perjanjian awal, coba melakukan negosiasi dengan cara mencicil. Atau, beri kelonggaran hingga tenggang waktu tertentu.

Ganti Dengan yang Lain
Ketika utang yang dipinjam teman tak terlalu besar, misal hanya untuk kebutuhan makan atau jajan, kamu bisa minta ganti dalam bentuk yang lain agar impas. Misalnya, kamu bisa minta ganti untuk dibayarkan kopi di kedai, menonton bioskop, atau dengan barang yang sedang kamu inginkan.

Jangan lupa saat temanmu sudah membayar utang, ucapkan terima kasih padanya agar temanmu tetap merasa dihargai, meski seharusnya ia yang lebih diwajibkan untuk berterima kasih karena sudah dipinjamkan sejumlah uang.

Nah, itu dia beberapa cara agar utang kamu bisa segera dilunasi. Selalu bicarakan dengan kepala dingin agar hubungan pertemanan tidak rusak.
(sumber: smart-money.co)

Artikel muslimnetwork2u Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 muslimnetwork2u | Design by Bamz