Anda Pengidap Penyakit Herpes? Begini Cara Mengobatinya

Artikel terkait : Anda Pengidap Penyakit Herpes? Begini Cara Mengobatinya


POSMETRO - Penyakit herpes adalah sejenis penyakit kulit yang menular. Penyakit herpes memiliki karakter yang sangat unik dan bandel, karena sangat dimungkinkan bagi penderita yang sudah pernah mengalami penyakit herpes akan kembali mengalaminya dalam jangka waktu tak menentu.

Dikutip dari metodesehat.com, penyakit herpes sebenarnya bisa menyembuhkan dirinya sendiri walaupun waktu untuk dirinya menyembuhkan diri tidak menentu, bisa cepat namun bisa sangat lama.

Perawatan di rumah merupakan perawatan yang sangat membantu mempercepat proses penyembuhan.
Berikut ini penjelasan mengenai jenis penyakit herpes dan beberapa cara mengobati penyakit herpes.

- Herpes Zoster merupakan infeksi yang disebabkan virus Varicella zoster yakni virus yang menyebabkan cacar air. Virus cacar air ini akan menetap di dalam sel saraf dan berdiam di sana, namun virus bisa berubah menjadi lebih aktif ketika virus menerima rangsangan, yakni disaat kondisi daya tahan tubuh tidak sehat disertai dengan stres.

Gejala yang muncul berupa ruam yang terasa gatal dan nyeri dan meskipun lama kelamaan setelah dilakukan tindakan pengobatan ruam menghilang, rasa sakit tetap masih terasa selama beberapa bula bahkan bertahun-tahun. Orang awam biasanya menyebut penyakit ini dengan nama cacar ular atau cacar api.

- Herpes Simplex Virus terbagi dalam dua macam, ada HSV-1 dan HSV-2, masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda. HSV-1 akan menginfeksi bibir sehingga timbulah sebuah luka di bibir.

Sedangkan HSV-2, merupakan penyebab dari herpes pada kelamin dan juga menyebabkan infeksi bibir.

Herpes ini bisa sangat menular melalui kontak secara langsung atau tidak langsung melalui air liur.

Lalu bagaimana cara mengobati penyakit herpes?
Cara mengobati penyakit herpes secara tradisional maupun dengan mengkonsumsi obat tablet atau mengoleskan salep. Obat dapat membantu mengurangi tingkat keparahan luka yang diakibatkan oleh panyakit herpes dan berperan dengan baik untuk mencegah penyakit herpes kambuh lagi, namun sayangnya obat tidak mampu mengobati penyakit herpes secara tuntas.

Dosis dari obat yang diberikan akan berbeda tergantung dari tipe virus yang telah menyerang tubuh penderita. Anti virus yang dipakai untuk mengobati penyakit herpes adalah asiklovir dalam bentuk tablet maupun obat oles (salep) bahkan tetes mata. Para penderita penyakit herpes, dianjurkan untuk segera mengkonsumsi obat dan menggunakan salep atau obat tetes matanya meskipun penyakit herpes sudah sembuh, hal ini bertujuan untuk mencegah kambuhnya penyakit herpes.

Inilah Cara mengobati penyakit herpes kulit
Rasa sakit pada bibir yang diikuti dengan rasa sakit tenggorokan dan demam merupakan gejala dari cold sores. Cold sores merupakan sejenis penyakit kulit yang disebabkan oleh virus penyakit herpes.

Virus ini meluas dan melakukan penyebaran melalui kontak langsung dengan penderita penyakit herpes atau kontak tidak langsung, karena penyakit ini dapat bertahan lama di tubuh seseorang, maka sangat dianjurkan untuk selalu menjaga kesehatan kulit badan sehingga tidak tertular dengan penyakit ini.

Perawatan di rumah bisa dilakukan dengan cara meningkatkan konsumsi vitamin C, vitamin E, vitamin B12 sehingga daya tahan tubuh menjadi lebih tinggi.

Cara mengobati penyakit herpes zoster
Pengobatan yang harus dilakukan terhadap penderita herpes zoster dibedakan dalam tiga hal, yakni pengobatan infeksi virus akut, dan pengobatan rasa sakit akut yang erat hubungannya dengan penyakit serta pencegahan terhadap neuralgia pascaherpes.

Pemakaian agen antiviral dalam waktu kurang lebih 72 jam setelah keluarnya ruam akan menurunkan durasi terbentunya ruam serta membantu meringankan rasa sakit yang diakibatkan oleh ruam tersebut.

Menjaga kesehatan tubuh dan kulit merupakan langkah utama yang harus Anda lakukan untuk menghindari penyakit herpes daripada berusaha untuk melakukan berbagai cara mengobati penyakit herpes. (abs/metodesehat.com)

Artikel muslimnetwork2u Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 muslimnetwork2u | Design by Bamz