Rasain ! Injak-injak Patung Pahlawan Seenaknya, ABG di Foto Ini Diburu Polisi dan TNI.

Artikel terkait : Rasain ! Injak-injak Patung Pahlawan Seenaknya, ABG di Foto Ini Diburu Polisi dan TNI.

Rasain ! Injak-injak Patung Pahlawan Seenaknya, ABG di Foto Ini Diburu Polisi dan TNI.

POSMETRO INFO - Pihak kepolisian masih mencari keberadaan beberapa pemuda yang berfoto sambil menginjak patung pahlawan di Simalungun, Sumatera Utara. Dengan dibantu TNI, Polres Simalungun masih mencari anak baru gede (ABG) yang ada di dalam foto menghebohkan tersebut.

"Kepala desa sudah kita kumpulkan semua, cuma belum ketemu orang ini. Yang upload foto kan belum tentu juga dia yang memfoto, bisa aja didapat dari temannya. Jadi kami sama Kodim masih mencari orang itu," kata Kapolres Simalungun AKBP Yofie Girianto Putro saat dihubungi Republika.co.id, Ahad (8/5).

Yofie mengatakan, berdasarkan UU Nomor 24 Tahun 2009, penginjakan patung pahlawan tidak termasuk pelecehan lambang negara. Dalam UU tersebut, yang masuk dalam lambang negara adalah Bendera Merah Putih, Lagu Kebangsaan, Garuda Pancasila, dan Bahasa Indonesia. Meski begitu, Yofie menegaskan, tindakan para pemuda tersebut memang melanggar etika. 

"Memang kurang pas, berdiri di atas patung. Cuma nggak bisa dimasukkan ke pelecehan lambang negara karena nggak termasuk berdasarkan UU itu.  Kecuali dia duduk di atas lambang Garuda itu (terletak di belakang patung pahlawan), itu mutlak kena," jelasnya

Yofie mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan pakar hukum mengenai tindakan para pemuda tersebut. Ia pun menyebut, hal ini seharusnya menjadi bahan pelajaran bagi semua pihak, termasuk pemerintah.

"Ini bukan masalah penindakan dan tidak penindakan. Pemerintah harus ikut andil dalam pendidikan tentang sejarah. Ini jadi tugas kita sama-sama. Ini kan anak-anak ABG yang masih labil, perlu pembinaan dari orang tua," kata Yofie.

Foto sekelompok pemuda yang menaiki patung pahlawan beredar luas di jejaring media sosial Facebook. Belakangan, diketahui, patung pahlawan tersebut berada di Monumen Sudjono, Simalungun, Sumut.

Hingga kini, belum diketahui identitas pemuda yang ada di dalam foto tersebut. Begitu juga dengan waktu pengambilan foto itu.[republika]  

Artikel muslimnetwork2u Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 muslimnetwork2u | Design by Bamz